Kamis, 13 Januari 2011

tips merawat laptop

mempunyai sebuah laptop / notebook merupakan suatu kebutuhan yang cukup mendasar pada saat ini, terutama bagi para kalangan akademis. hal ini dikarenakan pada saat ini efisiensi waktu dan molitas tinggi suda manjadi tuntutan mutlak dan tak dapat di negosiasi lagi oleh karena itu bagi kalangan akademisi akan lebih terbantu jika memiliki sebuah laptop jika dibandingkan dengan memiliki sebuah PC (yang pada beberapa taun lalu merupakan satu2nya alat yang sangat membantu bagi akademisi untuk mengerjakan tugas mereka).
karena keberadaannya yang sangat kita butuhkan maka kita harus menjaga laptop kita dalam kondisi baik, karena jika laptop mengalami kerukasan maka keberadaannya tentu akan sangat mengganggu dan membutuhkan dana yang cukup besar untuk perbaikannya. berikut ini tips merawat laptop agar tetap dalam kondisi yang bagus dan dapat dioperasikan secara optimal.

1. Usahakan tidak terjadinya OVERHEATING pada laptop.
overheating pada laptop bisa dihindari dengan cara jangan menghalangi lubang ventilasi yang ada pada laptop (posisi lubang ventilasi ini bervariasi tergantung merk dan tipe lapto, ex: untuk Axioo; model neon; type : TVW, lubang ventilasi terdapat pada bagian samping kiri dan bagian bawah). dan jangan pula meletakkan (menyimpan) laptop pada tempat yang memiliki suhu yang tinggi atau terkena sinar matahari secara langsung.

2. Menjaga keyboard dan bagian lainnya rusak karena cuaca.
untuk memastikan agar keyboard dan komponen lainnya tidak rusak karena cuaca, maka jangan mengoperasikan laptop pada saat kondisi cuaca yang ekstrim (terlalu panas atau terlalu dingin), jangan pula menggunakan laptop di tempat yang memiliki temperatur yang ekstrim. serta menghindari penggunaan laptop pada ruangan yang memiliki kondisi temperatur yang cepat berubah serta menjaganya agar tidak terlalu dekat dengan AC dan pemanas. 

3.Meletakkan laptop dengan kondisi yang benar.
jangan meletakkan laptop pada tempat yamg memiliki permukaan yang tidak rata, jangan meletakkan sesuatu diatas permukaan laptop (atau menekannya), dan jangan pula meletakkan laptop di dekat area yang mengandung medan magnetik.

demikian tips sederhana yang dapat kita pratekkan untuk merawat laptop yang kita miliki. dan jika para pembaca ada tambahan tips yang dirasa sangat bermanfaat bisa dishare berupa komentar yang bermanfaat.


2 komentar:

mbah jiwo mengatakan...

jangan sampai mbayar 30 ribu lagi

admin mengatakan...

ha..ha..ha...
iya mbah, jadi keinget ma toko komputer deketnya surya megah.net