Senin, 17 Januari 2011

merawat baterai laptop

postingan berikut ini masih berkaitan dengan postingan kemarin yaitu tentang perawat laptop, namun postingan kali ini lebih mengarah ke salah satu komponen laptop yang sarang rentan terhadap kerusakan yaitu baterai. baterai merupakan salah satu komponen laptop yang sangat rentan dengan kerusakan atau lebih terkenal dengan istilah ngedrop , walaupun kita sudah berusaha menggunakan laptop sesuai dengan buku petunjuk dan menerapkan tips-tips perawatan laptop , namun hasilnya dalam jangka waktu yang tidak lama baterai akan mengalami penurunan peforma (ngedrop).

dari pengalaman saya pribadi, pada laptop axioo yang saya gunakan, dalam kurun waktu pemakaian sekitar 1,5 th baterai laptop sudah mengalami penurunan peforma yang membuat saya akan mengalami kesusahan jika mengoperasikan laptop di area out door yang jauh dari sumber daya listrik. ketika hal tersebut terjadi pada kita maka hanya ada satu pilihan untuk memperoleh kinerja  baterai laptop yang sama dengan kondisi awal kita membeli laptop yaitu membeli baterai yang baru, yang harganya kisaran diatas 1 jt. wah ndak bisa makan 2 bulan nih kalo beli baterai baru 

dari pada kita harus mengeluarkan uang yang jumlahnya raltif banyak maka berikut ini beerapa tips yang mungkin bisa kita lakukan sebagai tindakan preventif untuk memperpanjang masa usia pengunaan baterai laptop kita. 

1. mengurangi penerangan pada layar laptop
penerangan pada lcd laptop merupakan salah satu faktor yang memerlukan alokasi daya listrik yang cukup besar, dengan mengurangi tingkat penerangan pada layar laptop maka akan menghemat sebagian daya yang digunakan oleh laptop (baterai). cara untuk melakukan tips pertama ini cukup mudah yaitu dengan menekan tombol fn dan F4 (pada laptop Axioo).
2. mengubah setingan power
untuk dapat mengubah setingan power tergantung pada OS (operation system) yang kita gunakan, pada windows vista terdapat fitur untur merubah setingan power yaitu (balance,  power saver, dan high perfomance).
3. keluarkan CD/DVD yang ada di dalam CD/DVD rom.
CD/DVD yang ada di dalam cd/dvd rom akan tetap diputar pada saat proses login laptop dan hal tersebut akan membutuhkan daya listrik.
demikian tips singkat untuk merawat baterai, jika temen2 ingin memperoleh panduan lengkap untuk merawat baterai laptop bisa mendownloadnya disini.

Tidak ada komentar: